TECHNICAL MEETING PEMILIHAN DUTA LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN TEGAL TAHUN 2019

A. KETENTUAN PESERTA

Pesyaratan peserta Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2019, meliputi :

  1. Pria dan wanita warga Kabupaten Tegal
  2. Terdaftar sebagai pelajar SMA/SMK/MA di seluruh wilayah Kabupaten Tegal, baik swasta maupun negeri.
  3. Memiliki kepedulian, pengetahuan, kemampuan dan kreatifitas di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
  4. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2019
  5. Mengisi dan mengirim formulir pendaftaran calon peserta Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2019 dengan diketahui oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan
  6. Pelaksanaan lomba bersifat individual (bukan kelompok).

B. KETENTUAN LOMBA

  1. Seleksi Tahap I (Tes Tertulis) :
  • Peserta Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kab. Tegal Tahun 2019 Seleksi Tahap I adalah siswa/siswi SLTA di Kabupaten Tegal yang sudah mendaftar ke panitia, sudah mengumpulkan lembar pendaftaran dan sudah mendapatkan nomor test peserta.
  • Seleksi tahap I (tes tertulis) dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 Agustus 2019 di SMK N 2 Slawi.
  • Terdapat soal pilihan ganda berjumlah 80 soal, peserta harus menjawabnya dengan memilih salah satu jawaban pada lembar jawab komputer (LJK) yang dianggap benar. setiap soal bernilai 1 dan tidak ada pengurangan angka atas soal yang salah.
  • Hasil tes tertulis akan diumumkan esok hari (Rabu, 7 Agustus 2019) di website DLH Kab.Tegal yaitu : dlh.tegalkab.go.id atau di papan pengumuman DLH Kab.Tegal Jl. Prof Mohammad Yamin Slawi.
  • Dari hasil seleksi tahap I akan dipilih masing-masing 15 besar kategori putra dan putri (total 30 orang) nilai tertinggi untuk bisa mengikuti seleksi tahap II.

2. Seleksi Tahap II (Penulisan essay/makalah)

  • Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap I berhak mengikuti seleksi tahap II. Seleksi dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2019 di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kab.Tegal Jl. Prof. Mohammad Yamin, Slawi.
  • Peserta seleksi tahap II diwajibkan membuat essay/makalah yang bertemakan masalah lingkungan hidup dengan judul bebas tetapi berkorelasi dengan tema acara Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kab.Tegal Tahun 2019 yaitu “Cegah Pencemaran Udara Agar Kehidupan Tidak Merana”.
  • Essay/makalah harus ditulis tangan langsung oleh peserta pada saat dan tempat yang ditentukan oleh panitia. Panjang makalah maksimal 2 halaman kertas folio bergaris. Kertas folio akan disediakan oleh panitia.
  • Bahan/materi penulisan essay/makalah dapat diperoleh dari mana saja tetapi yang utama adalah dari hasil kunjungan lapangan fieldtrip yang meliputi 2 (dua) lokasi,yaitu :
  1. Desa Pesarean Kec.Adiwerna
  2. Perkampungan Industri Kecil (PIK) Kebasen Kec.Talang
  • Penilaian terhadap penulisan essay/makalah meliputi :

Orisinalitas makalah/essay (bukan hasil plagiat tulisan orang lain dan belum pernah dipublikasikan di media manapun)

Validitas data dan fakta yang disampaikan

Kemampuan analisis masalah

Ide/gagasan atas solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah

Sistematika penulisan essay/makalah

  • Dari seleksi tahap II, akan diambil masing-masing 5 besar peserta putra dan putri (total 10 orang) yang memiliki nilai tertinggi dan berhak lolos untuk mengikuti seleksi tahap III (Grand Final).
  • Penilaian peserta 5 besar masing-masing putra dan putri yang berhak masuk ke Grand Final dilakukan dengan menjumlahkan rata-rata nilai peserta pada seleksi tahap I (tes tertulis) dan seleksi tahap II (penulisan essay/makalah).
  • Jadwal acara seleksi tahap II akan disampaikan kemudian.

 

3.  Kampanye “Go Green”

  1. Rangkaian seleksi tahap III dimulai dari kegiatan kampanye “Go Green” yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Agustus 2019 di Pendopo Amangkurat Kab.Tegal.
  2. Adapun ketentuan peserta kampanye “Go Green” sebagai berikut :
  • Kampanye “Go Green” diikuti oleh seluruh peserta Duta Lingkungan Hidup Kab.Tegal Tahun 2019 yang lolos seleksi tahap II (15 besar)
  • Peserta menggunakan busana/atribut bertemakan lingkungan hidup
  • Peserta akan mendapatkan nomor urut kampanye Go Green dari panitia. Nomor urut tersebut harus ditempelkan pada busana beserta.
  • Peserta dapat membawa peraga/kreasi/kerajinan hasil pengolahan limbah, dalam upaya mengkampanyekan hidup yang ramah terhadap lingkungan (sesuaikan dengan tema Duta LH 2019).
  • Peserta harus menyerahkan tulisan dalam bentuk narasi/deskripsi sebagai penjelasan atas busana/atribut yang dipakai kepada panitia dan akan dibacakan untuk memberikan penjelasan kepada dewan juri sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam penilaian peserta.
  • Peserta dapat membawa supporter (teman sekolah) untuk memberikan support dan membantu kampanye lingkungan hidup.
  • Peserta harus menampilkan busana/atribut dan kreasi olahan limbah kepada dewan juri di atas panggung. Penampilan di atas panggung boleh melibatkan supporter atau teman sekolah untuk membantu menjelaskan kampanye Go Green yang ingin disampaikan.
  • Kampanye Go Green disampaikan oleh peserta maksimal @ 2 menit.
  • Peserta yang berpenampilan terbaik berhak menjadi pemenang Duta Lingkungan Hidup Kab Tegal 2019 kategori Favorit/Terkreatif (diluar pemenang juara I, II dan III).

4. Seleksi Tahap III (Wawancara/tanya jawab)

  1. Peserta yang dinyatakan masuk kategori 5 besar masing-masing putra dan putri diumumkan pada acara Kampanye Go Green hari Minggu tanggal 25 Agustus 2019 di Pendopo Amangkurat Kab.Tegal. dan berhak mengikuti seleksi tahap III (Grand Final)
  2. Finalis (5 besar) akan diberi kesempatan untuk berpidato atau menyampaikan hasil penulisan essay kepada Dewan Juri, waktu yang diberikan @ 3 menit.
  3. Finalis (5 besar) peserta pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kab.Tegal Tahun 2019 juga akan diuji kemampuan dan pengetahuannya oleh Tim Juri melalui beberapa pertanyaan (pertanyaan akan diundi di antara finalis).
  4. Finalis harus menjawab pertanyaan tersebut dalam batas waktu yang sudah ditentukan oleh Tim Juri, jawaban disampaikan secara langsung dihadapan seluruh hadirin.
  5. Finalis yang dianggap memiliki jawaban yang paling memuaskan Tim Juri akan mendapatkan nilai tertinggi.
  6. Finalis yang memiliki nilai tertinggi dan dengan mempertimbangkan hasil nilai seleksi tahap II akan dinyatakan sebagai pemenang Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2019, masing-masing Juara I, II dan III kategori putra dan putri.
  7. Bobot penilaian akhir Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal tahun 2019 adalah 50 % nilai seleksi tahap II ditmbah 50 % nilai seleksi tahap III.
  8. Juara Favorit/Terkreatif akan diambil dari peserta dengan nilai tertinggi pada acara Kampanye Go Green dan diambil di luar Juara I, II dan III
  9. Para pemenang Duta Lingkungan Hidup berhak mendapatkan piala dan hadiah sebagai berikut :
  • Juara I                  : Piala dan Piagam Penghargaan

Uang pembinaan dari DLH Kab.Tegal sebesar @ Rp.1.500.000,-

Voucher bimbingan belajar dari Neutron Yogyakarta sebesar @ 2.250.000,-

  • Juara II                : Piala dan Piagam Penghargaan

Uang pembinaan dari DLH Kab.Tegal sebesar @ Rp.1.250.000,-

Voucher bimbingan belajar dari Neutron Yogyakarta sebesar @ 2.000.000,-

  • Juara III              : Piala dan Piagam Penghargaan

Uang pembinaan dari DLH Kab.Tegal sebesar @ Rp.1.000.000,-

Voucher bimbingan belajar dari Neutron Yogyakarta sebesar @ 1.750.000,-

  • Juara Favorit      : Piala dan Piagam Penghargaan

Uang pembinaan dari DLH Kab.Tegal sebesar @ Rp.750.000,-

Voucher bimbingan belajar dari Neutron Yogyakarta sebesar @ 1.750.000,-

Catatan :

  1. Voucher bimbingan belajar dari Neutron Yogyakarta tidak dapat diuangkan
  2. Hanya berlaku untuk program reguler SIAP LEBIH DINI
  3. Berlaku untuk tahun ajaran 2019/2020

C.      LAIN-LAIN

Hal-hal lain yang belum disampaikan/dijelaskan akan ditentukan atas kesepakatan panitia dan Tim Juri

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*