Pemantauan Udara Ambien Dengan Metode Passive Sampler

18218

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemantauan kualitas udara ambien yang diselenggarakan oleh KLHK Sub. Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara, maka  UPTD Laboratoriun Dinas Lingkungan Hidup Kab. Tegal  melakukan pemasangan alat pemantauan kualitas udara ambien dengan metode passive sampler tahap I (satu) tahun 2020

Metode passive sampler merupakan salah satu metode sederhana yang digunakan untuk pengukuran kualitas udara ambien dengan menggunakan parameter ukur SO2 dan NO2. Kegiatan pemantauan udara ambien tersebut bertujuan untuk mengetahui kualitas udara ambien di wilayah Kab/Kota se-Indonesia. Hasil dari pengukuran ini digunakan untuk menentukan Indeks Kualitas Udara (IKU) yang merupakan salah satu komponen untuk  menentukan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Provinsi Jawa Tengah.

Pada tahun ini pengambilan sampel udara ambien akan dilaksanakan di 35 (Tiga puluh lima ) Kab/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Pemantauan udara dengan metode passive sampler dilakukan dengan meletakkan sebuah alat pemantauan udara ambien pada 4 (empat) titik pemantauan yang mewakili kawasan transportasi, industri, pemukiman dan perkantoran. Setelah dipaparkan selama 2 minggu (14 hari) selanjutnya sampel udara tersebut dikirim ke laboratorium yang ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk selanjutnya dilakukan pengujian dimana hasil analisa udara tersebut akan diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sewaktu acara Rakor passive sampler yang akan dilaksanakan pada awal tahun berikutnya.

Pengukuran kualitas udara yang dilakukan sebanyak dua kali per tahun dianggap mewakili kualitas udara tahunan untuk masing-masing parameter. Nilai konsentrasi tahunan setiap parameter adalah rata-rata dari nilai konsentrasi. Selanjutnya nilai konsentrasi rata-rata tersebut dikonversikan menjadi nilai indeks dalam skala 0 – 100 untuk setiap ibukota provinsi. Parameter yang diukur adalah SO2 dan NO2.

Hasil pemantaun kualitas udara ambien dengan metode passive sampler tahun 2020 yaitu dengan IKU ( Indek Kualitas Udara ). Adapun klarifikasi nilai IKLH dapat di lihat pada tabel berikut :

udara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*