UKL-UPL Penambangan Tanah Urug Oleh Lukman Abidin Musa Di Pakulaut

Kabupaten Tegal saat ini terus mengalami perkembangan dengan terus melakukan pembangunan di berbagai sektor dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki. Salah satu sektor pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Tegal adalah pembangunan infrastruktur untuk menunjang berbagai kegiatan produktif masyarakat. Pembangunan infrastruktur meupakan kegiatan yang menggunakan banyak sumber daya alam.

Salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya alam untuk pembangunan infrastruktur adalah material konstruksi berupa batuan tanah urug yang diperoleh dengan cara mengambil material batuan dengan komposisi tertentu pada sebuah bukit atau gundukan tanah. Pemanfaatan tanah urug banyak digunakan pada kegiatan pembangunan pondasi untuk konstruksi gedung dan jalan raya, khususnya pada konstruksi yang memerlukan rekayasa pada permukaan tanah/relief, biasanya ditimbun dan diratakan untuk mendapatkan ketinggian tertentu pada permukaan bangunan. Salah satu lokasi yang memiliki kandungan deposit batuan tanah urug dengan kualitas yang dipersyaratkan adalah sebuah bukit kecil bergelombang di Desa Pakulaut Kecamatan Margsari Kabupaten milik Sdr,Lukman Abidi Musa. Areal lahan tersebut memiliki luas 5,6 hektar namun berdasarkan pertimbangan teknis haya lahan seluas 5 hektar yang dapat dieksploitasi pengambilan material tanah urugnya.

Kesesuaian rencana kegiatan penambangan tanah urug dengan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Tegal sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 10 tahun 2012 telah mendapatkan legalitas kesesuaian melalui surat yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Pertanahan dan Tata Ruang (Perkimtaru) Nomor : 591.3/07/254/2020 tanggal 19 Maret 2020. Rencana kegiatan penambangan tanah urug juga telah mendapatkan persetujuan eksplorasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah melalui penerbitan surat Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi Batuan (tanah Urug) Nomor : 543.31/4504 Tahun 2020 tanggal 26 Mei 2020, serta telah disosialisasikan kepada masyarakat terkena dampak pada tanggal 2 Juli 2020.

Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) rencana kegiatan penambangan tanah urug oleh Sdr.Lukman Abidin Musa di desa Pakulaut Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal diestimasi memiliki cadangan sebesar 293.184 lcm dan direncanakan akan dieksploitasi sebesar 325 lcm/hari dengan umur tambang diperkirakan 3,5 tahun. Tinggi jenjang penambangan direncanakan 3 meter dengan lebar jenjang 4 meter serta kelerengan maksimal 60 derajat. Peralatan yang digunakan diantaranya meliputi : excavator kapasitas 0,8-1,2 m3 sebanyak 2 unit, dump truck kapasitas 5-8 m3 sebanyak 8 unit, mobil operasional 1 unit

Mendasari klasifikasi rencana usaha dan/atau kegiatan sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.38/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2019 tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Yang Wajib Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, maka usaha/kegiatan penambangan tanah urug dengan luas 5 hektar tidak wajib Amdal (wajib Amdal : luas lahan > 50 hektar). Sedangkan berdasarkan Peraturan Bupati Tegal Nomor 42 Tahun 2011 tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Wajib Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup serta Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup, maka rencana usaha dan/atau kegiatan penambangan tanah urug seluas 5 hektar wajib Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup UKL-UPL).

Proses penyusunan dan pemeriksaan UKL-UPL merupakan proses yang harus dilakukan untuk dapat diterbitkan Izin Lingkungan sebagai prasyarat untuk mendapatkan izin usaha dan/atau kegiatan. Proses pemeriksaan UKL-UPL oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal dilakukan dengan rapat koordinasi yang melibatkan instansi terkait, seperti : Dinas ESDM Prov.Jateng perwakilan Tegal (BP3 Slamet Utara), Bag.Ekbang Setda, Satpol PP serta perwakilan masyarakat terdampak dari Kepala desa dan kecamatan. Pemeriksaan UKL-UPL yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2020 menyepakati bahwa dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) rencana kegiatan penambangan tanah urug oleh Sdr.Lukman Abidin Musa dapat disetujui untuk digunakan sebagai pedoman pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan hidup kegiatan penambangan tanah urug di Desa Pakulaut Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*