Tempat Pemrosesan Akhir Sampah ( TPAS ) Penujah

TPAS Penujah merupaka satu – satunya tempat pemrosesan akhir sampah di Kabupaten Tegal yang berlokasi di Desa Penujah Kecamatan Kedungbanteng. TPAS Penujah ini berdiri sejak tahun 1997 dengan luas 41.691 m3.

Metode pemrosesan akhir sampah di TPAS Penujah adalah controlled landfill, sehingga harus melakukan pengurugan sampah dengan tanah urug paling lama setiap 7 (tujuh) hari sekali. serta melakukan pengendalian air lindi dan perangkap gas methan.

Perangkap gas methan di TPAS Penujah berupa pipa panjang yang mengeluarkan tekanan dan gas jika dirasakan oleh kulit diatasnya. Gas methan ini bisa dijadikan sebagai pengganti gas LPG yang digunakan untuk memasak.

Volume sampah di TPAS Penujah dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2019, volume sampah di TPAS Penujah sudah menginjak angka 53.085/ton.

Sarana dan Prasarana alat berat di TPAS Penujah, jumlah dan jenisnya alat berat ada beberapa unit yakni : 4 Unit Bouldozer dan 1 Unit Excavator. Tetapi dengan keadaan sarana dan prasarana yang kurang optimal, mengakibatkan tumpukan sampah di Kabupaten Tegal dikarenakan sampah di TPS tidak bisa dibuang ke TPAS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*